7 Manfaat Lain Daun Pisang Yang Belum Banyak Kita Ketahui


Apakah Anda kerap memerhatikan pohon pisang…?? Kurang lebih bagian-bagian apa sajakah ya dari tumbuhan ini yang bisa dimanfaatkan…?? Buah…?? Batang…?? Daun…?? Jantung…?? Yups, seluruhnya benar sekali… Seluruhnya sisi dari pohon ini bisa digunakan untuk beragam hal dalam kehidupan manusia.

Tetapi, untuk kesempatan ini, 7daftar.com bakal membahas sedikit perihal manfaat daun pisangnya saja. Kurang lebih apa saja ya manfaat dari si daun hijau yang lebar serta unik ini…?? Ok, sahabat… Segera saja yuk kita simak bersama…


Manfaat Daun Pisang Untuk Keperluan Sehari-hari

1. Bahan pembungkus makanan. Banyak bahan makanan yang memakai daun pisang juga sebagai pembungkus. Umpamanya saja, lontong, naga sari, baneng presto, tumpeng, tempe, serta ada banyak lagi. Nyatanya, daun pisang mempunyai kandungan polifenol dalam jumlah yang cukup banyak, hingga membuahkan aroma serta cita rasa yang khas.

2. Pembasmi demam. Langkahnya yaitu dengan memakai daun pisang yang masih tetap muda serta diolesi dengan minyak kelapa, lantas tempelkan pada dahi, perut serta pinggang pasien demam.

3. Hiasan upacara adat. Hal semacam ini pasti sedah sangatlah kerap kita temui bukan…?? Daun pisang nyatanya sudah dipakai sepanjang beratus-ratus tahun juga sebagai sisi dari upacara kebiasaan terlebih untuk mereka yang beragama Hindu serta Budha. Daun pisang umumnya jadikan alas untuk bahan sesaji yang bakal dipersembahkan serta kadang-kadang juga juga dipakai juga sebagai penutup.

4. Sebagai ramuan obat luka serta ketombe. Nyatanya daun pisang tidak cuma bisa mengobati luka, tetapi nyatanya berguna juga untuk menyembuhkan masalah kulit seperti ketombe, sengatan matahari, serta eksim. Untuk bikin ramuan obat daun pisang ini, Anda cuma butuh bikin juice sari daun pisang fresh serta pakai dengan cara bertahap dalam mengobati masalah kulit itu.

5. Juga sebagai obat penetralisir toksin serangga. Mungkin saja Anda kerap tergigit oleh serangga kecil yang beracun seperti lebah serta laba-laba. Dalam hal semacam ini, ramuan daun pisang bisa dipakai juga sebagai obat untuk menetralkan toksin-racun itu.

6. Juga sebagai obat kecantikan kulit. Daun pisang memiliki kandungan bahan aktif allantolin yang digunakan juga sebagai kombinasi cream kecantikan. Kandungan allantolin yang cukup tinggi di daun pisang ini berguna untuk mengobati iritasi kulit, peradangan, hinga membunuh kuman.

7. Juga sebagai obat radang serta iritasi alami. Hal semacam ini umum berlangsung pada kulit bayi yang sangatlah peka. Untuk mengatasinya, daun pisang yang dihaluskan yaitu pilihan salep alami yang efisien.

Nah, sahabat… Bagaimanakah respon Anda tentang sisi pohon pisang yang nyatanya mempunyai faedah yang berbagai macam ini…??